Rabu, 22 Januari 2014

Prinsip Cetak Tinggi

Cetak Tinggi (Flexografi) adalah suatu teknik cetak yang menggunakan acuan cetak berupa pelat dan karet atau Photopolimer. Cetak flexografi dikenal juga sebagai teknik cetak tinggi karena bagian yang mencetak lebih tinggi dari bagian tidak mencetak. Pada cetak Flexografi, pemindahan tinta ke pelat cetak melalui rol transfer yang disebut Anilox dan terbuat dari tembaga (Cu) atau keramik.
Produktifitas cetak flexo cukup tinggi yakni sekitar 1-5 juta lintasan dengan material yang bervariasi seperti Kertas, Plastik, Foil, Karton box. Teknik cetak ini juga sering digunakan untuk mencetak karton gelombang (Corrugated), label dan kemasan Fleksibel.
Cara Kerja Cetak Flexografi
Menggunakan sistem cetak rotary dan langsung, dimana tinta yang ada pada pelat akan akan langsung dicetakan ke bahan yang akan dicetak. Pengaturan tinta menggunakan Anilox roll, dan Doctor Blade digunakan untuk meratakan tinta yang menempel pada rol Anilox, karena pelatnya terbuat dari Photopolymer yang sangat elastis, maka pada cetak flexo tekanan harus dibuat semaksimum mungkin.
Anilox rol merupakan rol yang berfungsi mentransfer tinta dari bak tinta ke pelat, bahan ini terbuat dari tembaga atau keramik. Permukaan Anilox harus memiliki kerapatn yang sangat baik dan bentuk raster yang tepat.
Keuntungan  cetak flexografi
·   Dapat mencetak pada bahan yang mudah menyerap tinta maupun yang tidak menyerap, misalnya kertas, karton, dan plastik.
·      Bisa menggunakan tinta water base, solven base dan UV.
·      Dengan pelat photopolymer dapat mencetak sampai jutaan.
·      Denagn adanya anilox rol, tidak banyak diperlukan penyetelan tinta seperti pada cetak ofset.
·      Dapat mencetak motif yang tidak terputus, seperti misalnya bungkus kado, wallpaper, dll.
·      Dapat melakukan on-line hot stamping, die cutting, embossing, dan screen printing.
·      Dapat mencetak ke continuous rol, sehingga mendukung mesin label yang bekerja secara otomatic.
Kekurangan Cetak Flexografi
·     Konsistensi warna cenderung bervariasi khususnya pada water dan solvent based ink, sedangkan pada UV ink sangat stabil.

·      Dot gain pada hasil cetak cukup tinggi




modul (politeknik negeri jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar